Sejarah aku bikin FF

Well, baiklah kali ini aku akan membuka masa laluku kenapa aku bisa menulis FF. Ini juga sebenarnya request dari salah satu unnieku, sang visual maknae. Mungkin kalau ada yang penasaran juga *siapaa juga yg bakal penasaran* baca aja nih postingan oke?

Pertama kali kenal k-pop, ga ngerti FF itu apaan. Awalnya kan udah ketarik ke dunia k-pop, terus sahabatku (sebut saja) Chaerin, bawa FF yang di print. Itu ff buatan temen kakaknya. Buatan kakaknya juga ada kali ga ngerti dah. Terus pas aku baca, kebanyakan FF komedi. Ternyata bodor-bodor. Aku tertarik tapi belum mulai tulis FF. Sampai akhirnya aku pinjem fd.a Chaerin (entah karena apa) dan aku liat ada beberapa FF di sana. Aku copas ke lappy, karena ceritanya bodor. Buat hiburan aja.

Ternyata, gara-gara itu aku mikir: wah..enak juga nih bikin ff. Cobain ah..

Aku pun mencoba membuat ff. Dulu, aku baca ff itu tanda baca dan penulisannya ga diperhatikan. Ya udah aku yang waktu itu masih beginner ngikutin. Jadilah FF perdanaku: Gara-gara Nasi Goreng

Tanggapan masyarakat *jiaah* ternyata baik. Aku makin tertarik. Apalagi Chaerin ngusulin aku untuk buka suatu situs yang berisi kumpulan FF. Aku buka deh. Eeeh isinya bahasa Inggris semua. Tapi aku mengerti. Ternyata menarik. Tapi di situ masih belum perhatiin tanda baca. Masih seperti ini misalnya: “Saranghae.” Ucap Eunhyuk. Nah salah kan tuh. Akhirnya aku baca novel. Memang aku juga udah suka baca novel sejak lama. Nah, dari novel itu aku belajar, ini lho tanda baca yang bener, ooh jadi penulisan aku yang begini ternyata salah..harusnya begini, oh jadi kalau dialog panjang pake kutip di awal di akhir paragraf tidak usah baru paragraf baru di dalam dialog beri kutip lagi. Pokoknya aku belajar banyak dari novel. Termasuk susunan kalimat, kata-kata yang bagus. Aku cari di kamus kata-kata yang bagus untuk kalimat itu biar lebih bermakna tuh apa sih. Dan akhirnya semakin hari tulisanku semakin membaik.

FF awal-awal masih bergenre komedi. FF berikutnya bergenre horror. Bisa dilihat di note fbku di sini. Judulnya Ghost Chaser, tapi di situ penulisan masih agak kacau. Silahkan buka aja.

Dilanjutkan dengan masa coba-coba, bergenre romance. Kurang berhasil karena endingnya belum selesai sampe sekarang karena males lanjutinnya. Hehehehehehe mianhae readers.

Di sela-sela penulisan FF A Present From Heaven, aku menulis cerita pendek juga. Bergenre romance. Di sini mulai ada peningkatan. Ada juga yang tentang negeri. Silahkan lihat-lihat di note facebookku. Atau belum jadi temen di facebook? Add fbku tapi jangan lupa kirim message. Bilang: ini reader di blogmu. Nah pasti ku confirm.

Setelah itu, perjalanan FFku berjalan lagi. Aku sempat bikin cerita fantasi juga tapi sangat tidak masuk akal.  Habis itu ya…akhirnya aku tahu kalau aku cocoknya bikin cerita sedih dan ada unsur kocaknya juga bisa. Tapi bagaimana menurutmu? Apa action bagus untukku? Atau komedi? Romance ya? Itu terserah anda. Aku sebenarnya bisa saja mengikuti kemauan readers. Kalian mau aku bikin FF kayak apa sih, aku pasti ikutin kok.

Sebenarnya dari SD aku sudah suka menulis dan membaca. Semua tahu aku suka menulis. Setiap aku ulang tahun pasti adaa aja yang ngasih hadiahbuku sama pulpen. Mereka bilang, “Terus bikin cerita lagi ya. Cerita kamu rame.” Aku seneng waktu itu. Tapi aku belum puas sama hasil ceritaku. Makanya aku terus belajar dan belajar. Dan sekarang beginilah. FF aku lebih bagus daripada FF perdanaku kan?

Saya suka cari-cari situs ff di internet untuk belajar. Dan ternyata ketemu SJFF. Dari situlah yang membuatku memicu supaya bikin FF lebih bagus lagi. Karena di sana FFnya bagus-bagus. Aku bahkan bisa memberikan kritik yang membangun di sana. Aku senang.

So, kesimpulannya adalah aku belajar otodidak. Kalau ada yang minta aku ajarin ff, sebenarnya aku sendiri tidak mengerti caranya bagaimana. Setelah membaca postingan ini, tahu kan kenapa FFku sekarang lebih bagus meski belum mencapai kata “bagus”? Latihan membuat kita menjadi lebih ahli. Begitu juga dalam membuat FF. Banyak-banyak membuat FF dan belajar bisa meng-improve skill kita kan? ^^

Sekian aja dariku. Semoga postingan ini berguna untuk kalian para readersku tercinta. Annyeong ^^

12 thoughts on “Sejarah aku bikin FF

  1. Ami_cutie says:

    ooo…ternyata gini toh ceritanya…
    aku dulu malah sempat ga suka sama ff..
    “ih, apaan sih, lebay banget..”
    eh, setelah baca ff lainnya, aku malah suka n tertarik buat bikin

    betul itu! karena latihan terus, walaupun ga bisa dibilang bagus banget, tapi ffku udah ada kemajuanlah.. hehehe

  2. mrschokyuhyun says:

    nulis fanfic itu harus sering-sering😛 soalnya ada indikator tulisan yang harus diperbaharui😀

    *pengalaman mengajarkan*

  3. dhikae says:

    btull..btulll…
    walaupun ffku jg ga prnh bgus.. “tpi practices makes perfect” (bnr ga yah englishnya gtu?)ckkkk
    d^^b KEPP writing chingu

  4. rabbitpuding says:

    AKU MASIH MUDA !
    Kta kan cma beda 1 bulan. Lg pula wajah aku keliatan angel kaya teukie *HOEK

    remember : aku orang terkeren yang berwajah tidak berdosa dan terlihat muda. *Apaan sih… Gak penting deh

    • sungheedaebak says:

      ga satu bulan ching, satu minggu.
      heee??? hubungane opo?

      aku sih bukan orang terkeren dan tidak mempunyai wajah tidak berdosa serta tidak terlihat terlalu muda tapi terkesan dewasa. tapi setidaknya ada sisi dari diriku yang keren *maksud lo?!*

      • rabbitpuding says:

        hahaha. tuh kan cuma 1 minggu! lantas knp manggil aku unnie ? aku penasaran…..

  5. haeny_elfishy says:

    *bengong* heem saia ga ngerti dunia tulis menulis di bidang per-ff-an , -_-
    apalagi tanda baca, EYD, hahaha
    jadi reader aja lah, wkwkwk

  6. raekiyopta says:

    hiks..hiks.. terharuu~ (?) maju terus ya saeng. Cuma satu pesan ku, kalau nanti udah jadi orang (emang sekarang apa? Orang2an? = =””) jangan lupain kita ya. Terutama aku! Yang lain lupain aja! *TANG!! GUBRAK!! (di lempar readers pake panci, terus pingsan, terus anak2 suju dateng, terus di kasih nafas buatan, terus.. Terus.. STOP!)* pokoknya secara pribadi, jangan lupain aku ya, walau mungkin aku ga terlalu berpengaruh bnyak buat karir kamu, tapi kamu sahabat aku. HWAITING! GOOD LUCK😀

    • sungheedaebak says:

      ya elah… aku ga akan jadi kacang yang lupa kulitnya. makanya aku selalu minta kritik biar aku ga lupa daratan. kalo aku berhasil nerbitin buku, aku kasih bukunya gratis ke kalian. kalian juga kalau mau dapet bagian juga kok ^^ kalian berpengaruh buat karirku. kamu juga, leader. kita kan sama-sama penulis, pasti pengaruh banget buat aku. gomawo ya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s